Inilah 10 Bunga Teraneh Dan Terindah Di Dunia

Pernahkah kita bayangkan, dunia tanpa bunga? Hmmmm.....
Memang banyak bunga-bunga di dunia yang membuat kita terheran-heran. Bunga yang tumbuh di alam liar memang banyak dan tidak kalah indahnya untuk di taruh dalam ataupun luar rumah.
Seperti ke-10 bunga berikut ini, apakah kalian sudah pernah melihat bunga yang aneh ini, tapi lebih indah dan menarik. Berikut ke-10 bunga yang aneh tapi indah:

10. Bunga “Bleeding Heart”



Bernama latin Lamprocapnos. Bunga ini berasal dari family poppy. Yang satu ini ada di Siberia, Korea, Jepang dan Tiongkok utara. Wujudnya memang unik. Apalagi ketika bentuknya masih tunas. Bentuknya menyerupai hati atau simbol love, dengan tetesan-tetesan airnya. Tak salah kalau orang-orang pun menyebutnya sebagai bunga “bleeding heart”, atau “hati berdarah”. Daun bunga di luarnya berwarna fuchsia atau pink keunguan yang cerah. Begitu bunganya berkembang, daunnya perlahan terbuka. Sementara bagian dalamnya, yang berwarna putih dan sering disebut sebagai ‘lady in the bath’ atau ‘gadis di kamar mandi’, jadi semakin jelas terlihat.


9. Bunga Burung Beo atau “Parrot Flower”



Di dalam family balsam, terdapat bunga Impatiens Psittacina yang begitu menakjubkan. Bunga ini berwarna carmine red atau merah ati serta ungu. Kita bisa menemukannya di Thailand, Burma dan beberapa daerah di India. Jika kita melihat dari arah samping, maka wujudnya seperti beo yang tengah terbang. Sejarahnya Sir Joseph Dalton Hooker, seorang tukang kebun sekaligus penjelajah, yang menjelaskan kalau bunga ini seperti ‘kakaktua terbang’ ketika tumbuh berkembang. Dari tahun 1901 itulah, nama untuk bunga ini menempel sampai sekarang.

8. Bunga Anggrek Ballerina


Bunga-bunga kecil ini sering disebut sebagai anggrek kecil terrestrial. Biasanya tumbuh dalam bentuk grup. Kita bisa menemukannya di bagian kepulauan Australia. Bisa kita lihat fisiknya. Warnanya krim yang lembut, dengan sentuhan merah maroon yang indah. Sementara daun bunganya cenderung trichomes yang sedikit tua. Kalau kita melihat posenya, bunga ini terlihat seperti seorang penari balet atau ballerina.
7. Anggrek Bebek atau “Duck Orchid”


Nama sebenarnya ‘caleana’, namun bunga yang satu ini lebih popular disebut sebagai anggrek bebek. Hal ini bisa dimaklumi, sebab labellumnya terlihat seperti bebek yang terbang, lengkap dengan tampilan sayapnya yang mengangkat ke atas. Begitu juga dengan bagian bibirnya, yang mirip dengan paruh bebek. Bunganya sendiri berwarna cokelat kemerah-merahan, pandangan yang cukup langka. Bintik-bintiknya berwarna kehijau-hijauan yang gelap. Lalu di bagian belakangnya, ada satu daun yang muncul. Untuk menemukannya, kita bisa mengunjungi tempat-tempat seperti Australia, dari area Pulau Queensland sampai Australia Selatan, juga Tasmania.

6. Snapdragon dan “Tengkoraknya”


Jenis Bunga antirrhinum ini memiliki julukan lain yang lebih popular, yaitu snapdragon atau bunga naga. Kita bisa menemukannya di daerah bebatuan seperti area Amerika, Eropa dan Afrika Utara. Daun bunganya cantik dan wajah tengkoraknya begitu mengesankan. Begitu kita meremasnya, daun bunga ini akan terbuka dan tertutup layaknya mulut. Ketika daun bunganya layu atau terkulai jatuh, maka tinggal benih kelopak berbentuk polong yang tersisa. Benih kelopak ini bentuknya benar-benar mirip tengkorak. Tak heran masyarakat zaman dulu meyakini kalau snapdragon ini memiliki kekuatan supranatural.

5. Anggrek Merpati atau Anggrek Hantu Suci



Nama asli bunga ini adalah Peristeria. Biasanya bunga ini ditemukan di Panama, Amerika Selatan, Kosta Rika dan Trinidad. Di bagian dalamnya terdapat bunga putih, dengan sesuatu lain di dalamnya, yang bentuknya mirip merpati. Lengkap dengan sayap-sayapnya yang terangkat serta paruhnya yang imut. Tak heran kalau bunga ini dinamai anggrek burung merpati.

4. Anggrek “Naked Man”


Nama aslinya Orchis Italica, atau anggrek Italia. Tanaman ini memang banyak tumbuh di wilayah Mediterania. Namun orang lebih familiar dengan sebutan anggrek “lelaki telanjang”. Dengan melihat sekilas dari bentuk bunganya, kita jadi tahu alasan kenapa anggrek ini dinamai demikian. Bentuknya yang aneh inilah yang membuatnya begitu terkenal. Warnanya sendiri didominasi oleh ungu, pink cerah dan putih. Sementara daun-daun bunganya memang mewujudkan sosok seperti laki-laki. Biasanya bunga-bunga ini tumbuh cukup lebat.

3. Bunga “Monkey Orchid” atau Anggrek Monyet



Dracula Simia sering dijuluki orang sebagai Anggrek Monyet atau Dracula Mirip Monyet. Bunga berparas aneh ini begitu langka. Biasanya tumbuh di area hutan di wilayah tenggara dari Peru dan Ekuador. Bisa kita lihat bentuk bunganya, yang memang mirip hewan monyet. Ya bagian daun bunganya, ‘wajah’ tengahnya serta mulut atau bibirnya. Sebagian ada yang menilai kalau bunga ini seperti paduan dari wajah monyet dan baboon. Selain aneh, bunga ini juga menguarkan aroma layaknya jeruk matang.

2. Bunga “Hooker’s Lips”


Dari sebutannya saja, bunga ini memang mirip bibir. Nama aslinya sendiri yaitu Psychotria Elata. Bunga yang seperti bibir merekah ini kerap ditemukan di area hutan tropis di Afrika, tepatnya bagian tengah dan selatan. Bagian daunnya yang sering jadi pusat perhatian membentuk bibir, lengkap dengan warnanya yang merah menyala. ‘Bibirnya’ ini merupakan bagian tengah dari daun atau kelopak bunganya itu sendiri.

1. Bunga “Swaddled Babies” atau “Bayi Dibedong”


Berdasarkan bentuknya, bunga sejenis anggrek ini sering disebut sebagai "bayi yang dibedong". Kita bisa menemukannya di Andes Kolombia. Kalau ditilik, struktur dari bunga ini cukup rumit. Namun secara keseluruhan, bunga berwarna krim ini memang menarik. Benar-benar mirip bayi yang tengah ‘dibungkus’ nyaman oleh pakaiannya. Dari pangkal pseudobulbs, bunga ini tumbuh dari masing-masing tangkainya.