7 Jenis Tanaman Unik Dan Aneh Di Dunia

Di dunia ini banyak sekali tumbuhan yang mempunyai keunikan dan ciri khas terendiri. Semua keunikan dan keindahan tanaman tersebut mempunyai fungsi dan manfaat tersendiri bagi makhluk hidup yang lain termasuk juga manusia, tinggal bagaimana kita merawat dan melindungi tanaman tersebut.
Berikut adalah macam-macam tumbuhan aneh dan unik:

Putri Malu (Mimosa pĂșdica)


Tanaman ini banyak di temukan di daerah tropis dan kawasan amerika selatan dan tengah. Keunikan tanaman putri malu yang satu ini adalah apabila tersentuh atau ada goyangan daunnya akan menutup. Itu merupakan cara untuk melindungi diri tumbuhan tersebut.

Bawang Gurun (Welwitschia mirabilis)


Bentuk dari tanaman ini memang aneh dan agak menjijikkan, itulah keunikan tanaman yang berasal dari namibia tersebut. Tumbuhan ini hanya memiliki 2 daun dan 1 batang saja, namun daunnya tersebut bisa tumbuh hingga 8 meter dan batangnya sendiri hanya tumbuh 2 meter.
Tanaman ini bisa tahan meskipun tidak ada hujan selama 5 tahun. Umurnya pun bisa mencapai 400 sampai 1500 tahun. Meskipun bisa di makan tapi baunya sangat menyengat.

Mawar Palsu Jericho (Selaginella lepidophylla)



Selaginella lepidophylla ini termasuk tumbuhan gurun, karna tidak akan mati meskipu di awetkan dalam bentuk pengeringan. Saat musim kering (kemarau), batang dari tumbuhan ini akan mengkerut menjadi bola kecil dan akan terurai kembali saat di ekspos ketempat lembab. Tanaman ini berasal dari gurun Chihuahua.

Venes Si Perangkap Lalat (Dionaea muscipula)


Sesuai dengan namanya, tumbuhan ini dapat menangkap lalat dan serangga lainnya. Dionaea Muscipula termasuk dalam tumbuhan karnivora. Cara kerja dari tanaman ini adalah dengan menggunakan bulu-bulu rambut yang sensitif di sekitar daunnya. Apabila ada lalat atau serangga lain yang masuk ke perangkapnya, dalam sekejap daun tumbuhan tersebut akan menutup.
Baca juga Bunga-bunga aneh dan indah

Pohon Darah Naga (Dracaena cinnabari)


Pohon ini disebut pohon darah naga karna getahnya merah seperti darah naga. Dracaena cinnabari berasal dari kepulauan socotra. Tumbuhan ini pertama kali di publikasikan pada tahun 1882. Getah merah pohon ini bisa di jadikan obat dan pewarna celup.

Bunga Bangkai (Rafflesia arnoldii)


Meskipun termasuk dalam kategori bunga, namun warna dan baunya tidak enak. Tanaman ini termasuk dalam genus Rafflesia. 16 spesies yang di ketahui hanya di temukan di indonesia dan malaysia.

Rafflesia Arnoldii bisa berdiameter hingga 1 meter dan berat mencapa 7-11 kg. Bunga ini hanya mekar dalam waktu 3 sampai 7 hari saja. Ketika bungannya mekar akan mengeluarkan bau busuk. Baunya yang busuk dapat mengundang seranggga pemnyerbuk untuk membantu bergenerasi. Hanya 10-20% semaian saja yang akan berhasil mekar kembali dalam waktu 9 bulan, perlu banyak keberuntungan.

Tanaman Yang Menari (Desmodium gyrans)


Darwin menyebutnya Hedysarum, botanis modern menyebutnya Desmodium Gyrans, atau tepatnya Codariocalyx Motorius. Tanaman ini di kenal dengan nama tanaman Telegraf atau Semaphore, karna gerakannya seperti kode Semaphore. Tumbuhan ini akan menari-nari (bergerak-gerak) saat menerima banyak sinar matahari dan kering.

Itulah sebagian tumbuhan yang harus kita jaga agar anak cucu kita bisa menikmati keunikan dan keindahan tanaman tersebut. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan kamu dan bermanfaat bagi kita semua.